Senin, 31 Mei 2010

KARAKTERISTIK REMAJA

Berdasarkan cirri perkembangannya, secara umum remaja memiliki karakter dan kebutuhan :

1. Rasa ingin tahunya besar
Rasa ingin tahu ini bisa jadi membahayakan karena :
- Sering kali melibatkan beberapa hal yang vital dan mendasar seperti : apakah Tuhan itu ada ?, Bagaimana rasanya melakukan HUS ( Hubungan Sex) dll.
- Seringkali dikaitkan dengan karakteristik remaja lain yaitu kebutuhan akan kemandirian yang mendorong ke arah tindakan untuk membuktikan rasa ingin tahunya.
2. Rasa ingin tahu dan kebutuhan akan kemandirian tersebut mendorong remaja ke arah kematangan. Akan tetapi jika rasa ingin tahu itu tidak dijaga, dalam batasan tertentu yang tidak dapat dikuasainya akan membawanya kepada pengetahuan yang sebenarnya secara emosional belum siap diterima remaja.
Oleh sebab itu remaja membutuhkan bimbingan dari orang yang lebih dewasa dalam memberi batasan tentang sejauh mana dia boleh ” MENCOBA ” dan dampak ( resiko dan manfaat) dari setiap hasil ” PERCOBAAB ” tersebut.
3. Menurut Schneider , kebutuhan khas yang dimiliki remaja sesuai dengan perkembangannya adalah sebagai berikut :
- Kebutuhan akan identitas diri
- Kebutuhan individualitas ( privacy)
- Kebutuhan akan kemandirian
Meskipun kebutuhan ini juga dimiliki oleh individu dalam tahap perkembangan selanjutnya, namun pada remaj kebutuhan ini sangat menonjol dan sering kali menjadi sumber permasalahan dngan lingkungan karena lingkungan kurang memahami kebutuhan khas remaja ini.


( Sumber : Yuke Herdiansiska & Ediana Kusumawardhani, S.Psi., 2000. PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN REMAJA)


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda