Minggu, 30 Mei 2010

TIPS MENGGALI IDENTITAS DIRI

Bingung nih mo’ jadi apa ? Belum kenal sama diri sendiri ? jangan khawatir, simak tips berikut ini :


1. Gali minat : jangan ragu buat nyobain segala macam minat kamu. Coba aja semua yang kamu pengen coba, ikutan paskibraka, band, kursus, beladiri, nyanyi, atau apa aja deh yang penting kegiatannya positif.
2. Gali informasi, jangan menutup diri dari segala informasi yang ada. Gaul deh sama internet, majalah, TV, LSM, atau yang lain dan dapatin informasi yang kamu cari. Jangan terjebak sama informasi yang enggak lengkap atau setengah – setengah.
3. Kenali potensi , mulai deh kenali potensi kamu, bisa lewat aktivitas – aktivitas yang sering kamu miliki atau hoby yang sudah kamu jalani. Kalo belum tahu, kamu bisa minta bantuan orang – orang sekitar kamu atau cari di biro-biro pengenal bakat dan minat
4. Mengenali identitas diri berarti kamu juga kudu kenali siapa dirimu, apa cita – citamu, apa yang kamu inginkan dari hidupmu, kamu berasal dari mana dan hendak kemana melangkah, nilai – nilai seperti apa yang akan kamu ambil. Lingkungan seperti apa yang kamu butuhkan untuk ngedukung kamu, nah., untuk itu kamu kudu merenung, banyak belajar dari pengalaman hidup orang lain serta aktif melakukan kegiatan – kegiatan yang positif.

Gimana ...? udah siap menemukan identitas diri ???? so wacht out . Hati – hati dengan cara –cara ” semu ” untuk menemukan identitas diri. Salah – salah malah tersesat bukanya nemu jalan yang ingin kamu cari.......

( Sumber : Yuke Herdiansiska & Ediana Kusumawardhani, S.Psi., 2000. PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN REMAJA)


0 komentar:

Poskan Komentar

kata bijak

Latest Blog Tricks

Latest Free Blog Templates

 

Free Blog Templates

Asmaul Husna

Blog Tricks

Easy Blog Tricks

Great Morning ©  Copyright by ATUN ILHAM LESTARI | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks