Selasa, 22 Juni 2010

MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK



MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK


Kemampuan membaca seorang anak merupakan salah satu penentu kesuksesan dalam dunia sekolah. Sebetulnya mengajarkan membaca pada seorang anak hanyalah bagaikan satu potongan kecil puzzle Sedangkan porsi terbesarnya adalah bagaimana memotivasi seorang anak untuk membaca

Lalu bagaimana caranya memotivasi seorang anak untuk gemar membaca ?

Sebenarnya tak ada cara lain selain mengembangkan kecintaan anak akan sastra dan memahami betapa pentingnya membaca dalam kehidupan sehari - hari. Para guru di sekolah tentu sudah sangat sadar akan hal ini. Karena itulah mereka menghabiskan sebagian besar waktu belajar dalam kelas dengan kegiatan membaca.

Walaupun demikian, bukan berarti pengembangan kecintaan membaca hanya menjadi tanggung jawab para guru di sekolah . Sebagai orang tua ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk memotivasi anak agar mencintai kegiatan membaca.

Ada beberapa cara yang dapat meningkatkan kegiatan membaca di rumah anda, baik anak anda yang masih balita maupun yang sudah remaja :

1. Acara membaca buku sebelum tidur dapat dijadikan sebagai kegiatan yang baik dalam keluarga. Kegiatan positif ini dapat diteruskan hingga anak duduk di sekolah menengah pertama atau pun atas. Selain anak jadi suka membaca, waktu yang anda gunakan bersama dapat menjadi saat istimewa bagi anda dan buah hati anda.

2. Jadikan berkunjung ke perpustakaan sebagai bagian jadwal mingguan anda. Biarkan anak anda menjelajahi rak - rak buku dan melihat bermacam buku yang mungkin dapat menarik perhatiannya

3. Banyak film anak - anak dan acara televisi yang diambil dari buku - buku cerita. Kalau anak anda menyukai film atau acara tertentu , ajaklah ia membaca buku - buku yang berkaitan dengan acara atau film tersebut

4. Kebanyakan orang mengira kata " membaca " berarti membaca buku, padahal , kalau melihat di sekeliling kita banyak hal yang dapat dijadikan bahan bacaan. saat anak anda mulai dapat berbicara , ajari bagaimana membaca rambu - rambu yang ada di jalan sambil menerangkan apa maksudnya, papan reklame atau petunjuk jalan dapat dijadikan sarana dan kesempatan belajar membaca dan juga mengisi waktu luang selama dalam perjalanan

5. Berlangganan majalah sebagai hadiah dapat meningkatkan hasrat anak dalam membaca buku dari tahun ke tahun

6. Dorong anak untuk menulis surat kepada teman - teman atau keluarga . meskipun sekarang sudah ada alat komunikasi tercepat yakni telepon, ada hal - hal tertentu yang lebih nyaman diungkapkan di atas kertas. dan bila memungkinkan , anak anda dapat memanfaatkan internet untuk berkirim surat kepada teman - teman atau keluarganya.

7. Akhirnya, memberikan contoh kepada anak betapa kegiatan membaca merupakan bagian terpenting dalam kehidupan anda dapat memacu anak untuk mencintai membaca. Luangkan sedikit waktu setiap minggunya untuk membaca buku, koran, atau majalah walau hanya 15 menit atau setengah jam saja. Anda akan merasa takjub betapa termotivasinya buah hati anda dalam kegiatan membaca.

SUMBER : TABLOID NOVA"

0 komentar:

Poskan Komentar

kata bijak

Latest Blog Tricks

Latest Free Blog Templates

 

Free Blog Templates

Asmaul Husna

Blog Tricks

Easy Blog Tricks

Great Morning ©  Copyright by ATUN ILHAM LESTARI | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks